Thursday, November 29, 2018

Published 7:48 AM by with 0 comment

Dampak E-Commerce Terhadap Usaha Kecil Menengah di Indonesia

Dampak E-Commerce Terhadap Usaha Kecil Menengah

Usaha Kecil Menengah di Indonesia mempunyai peranan penting dalam perekonomian nasional karena dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan pengurangan jumlah pengangguran, sekaligus mendorong kualitas hidup masyarakat di suatu daerah. Usaha Kecil Menengah terbukti ketika terjadi krisis ekonomi pada tahun 1998, hanya sektor UKM yang bertahan dari kolapsnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang oleh krisis. 
Dalam era global saat ini, sektor UKM dituntut untuk berkompetisi dalam memasarkan usahanya guna meningkatkan daya saingnya. Salah satu cara untuk berkompetisi dalam ketatnya persaingan era globalisasi ini adalah dengan cara memanfaatkan informasi teknologi dalam bentuk media internet yang semakin berkembang. Salah satu bentuk informasi teknologi yang dapat diterapkan oleh UKM untuk mengembangkan usahanya adalah dengan mengadopsi e-commerce.
Layanan E-commerce dapat menjual produk tidak hanya untuk pasaran lokal, tetapi juga untuk pasaran global sehingga dapat memperluas saluran pemasaran produk atau pangsa pasar yang dapat menjangkau ke berbagai belahan dunia. Dampak yang diberikan oleh perkembangan E-Commerce kepada UKM di Indonesia, yaitu :
  • Meningkatkan pendapatan dengan biaya online sehingga lebih murah, karena produsen dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat hanya dengan membayar biaya penyedia jasa internet dan menggunakan aplikasi website atau android.
  • Mengurangi atau menghilangkan biaya bisnis tradisional dan atau biaya operasional.
  • Penggunaan transfer elektronik sehingga tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  • Aliran pendapatan (Revenue Stream) yang lebih menjanjikan.
  • Memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan jumlah penjualan produk (pangsa pasar).
Walau perkembangan e-commerce dalam UKM yang membawa banyak kemajuan dalam berbisnis, terdapat pula hal-hal yang harus diperhitungkan dalam bisnis e-commerce, yaitu :
  • Terjadinya kecurangan oleh penipu yang mengakibatkan kerugian finansial.
  • Pembobolan hacker untuk akses ke sumber oleh pihak yang tidak memiliki hak.
  • Kerugian yang tidak terduga akibat human error, kesalahan sistem elektronik, praktek bisnis yang tidak benar, dll.
  • Pencurian Informasi yang berharga.
 


      edit

0 comments:

Post a Comment